Padahal, secara akademik, tiga ideologi ini bermakna jamak. Nurcholis Madjid (Cak Nur), misalnya, memaknai sekularisme dalam perspektif lebih sosiologis. Sekularisme tidak semata bermakna pemisahan urusan akhirat (sacred) dan dunia (profan).
Bagi Cak Nur, sekularisme merupakan paham yang mengajarkan pentingnya membedakan urusan akhirat (sacred) dan dunia (profan). Pilihan kata ”membedakan” tentu sangat penting karena berbeda dengan ”memisahkan”.
Dengan kerangka pikir itu, Cak Nur melontarkan pernyataan: Islam Yes, Partai Islam No!. Pernyataan Cak Nur merupakan hasil amatan sosiologis yang menggambarkan performa elite partai Islam.
Mereka hanya menjadikan Islam sebagai simbol perjuangan politik. Faktanya, perilaku politiknya masih jauh dari nilai-nilai moral keislaman.
Kata pluralisme juga sering diartikan paham yang mengajarkan semua agama sama dan benar. Bahkan, ada yang menyamakan pluralisme dengan relativisme dan nihilisme.
Pemahaman itu berbeda dengan Diana L. Eck dalam bukunya, What is Pluralism (1993). Buku itu menegaskan bahwa pluralisme berbeda dengan relativisme dan toleransi pasif.
Pluralisme adalah pencarian yang aktif untuk memahami perbedaan. Pluralisme juga menekankan pentingnya dialog yang tulus dan nir-kekerasan sehingga menghadirkan komitmen untuk berbagi pengalaman, saling mengkritik, dan bersedia dikritik.
Sementara itu, liberalisme oleh para pengkritiknya dimaknai paham yang mengagungkan kebenaran akal dan mengabaikan wahyu. Padahal, liberalisme dalam pengertian yang lebih generik merupakan paham yang mengajarkan pentingnya penggunaan akal dalam memahami ajaran agama.
Pemaknaan itu penting karena sejatinya tidak ada aliran dalam tradisi keagamaan apa pun yang tidak menggunakan akal dalam memahami ajaran agama. Yang membedakan adalah kadar penggunaan akal dalam memahami wahyu.
PENTINGNYA MODERASI BERAGAMA
Berdasar beberapa pandangan dari para pemikir dan landasan teologis-normatif tersebut di atas, kita sampai pada kesimpulan bahwa moderasi beragama penting dikedepankan dalam kehidupan keagamaan di negeri tercinta.
Moderasi dipandang sebagai strategi jitu untuk melawan radikalisme sekaligus mewujudkan peradaban global.
Dalam konteks keindonesiaan, moderasi beragama penting sebagai pendekatan untuk mengonter radikalisme sekaligus mengajak kelompok-kelompok keagamaan yang berkarakter radikal bergerak ke posisi tengah (middle position).
Posisi tengahan dalam berpikir, bersikap, dan bertindak merupakan substansi ajaran moderasi beragama. Para pengkritik moderasi beragama penting memahami bahwa yang dimoderasi sejatinya bukan agamanya. Sebab, agama bersumber dari wahyu, yang tidak mungkin diperluas atau dipersempit.
Yang dimoderasi adalah pemahaman atau penafsiran umat terhadap ajaran agama untuk diselaraskan dengan tantangan zaman.
Pada konteks itulah, nilai-nilai moderasi penting terus disemai agar pada saatnya umat menampilkan wajah beragama yang lebih ramah terhadap keragaman, bukan wajah yang penuh amarah. (*)